Sukses Membangun Brand melalui Internet
  • Posted:
  • October 29, 2014
  • Comments:

    0

Content is King

Selalu menulis tulisan sangat-sangat orisinal, unik, dan menantang arus yang beredar pada umumnya. Blog diupdate dengan rutin. Membuat pembaca seakan terbius dan ketagihan dan selalu menanti artikel selanjutnya. Namun satu hal paling penting untuk dicermati adalah, artikel dalam blog harus SANGAT BERKUALITAS

Artikel2 yang sangat provokatif

karena hal yang provokatif merupakan magnet yang menarik banyak visitor untuk berkunjung kembali dengan langsung membuka linknya alias direct visit, seperti halnya kita membuka facebook.com atau twitter.com…langsung tanpa melalui google karena kita hafal dan merasa website tersebut penting.

Menyebarkan Content Secara Viral

Artikel yang unik memiliki potensi viral yang sangat tinggi. Akibatnya ketika seseorang membagikan artikel di tempat yang ramai trafficnya dan mencantumkan sumbernya, maka mau tidak mau website sumber akan kebanjiran pengunjung. Saya berani bertaruh bahwa traffic/tingkat kunjungan website mereka pasti sangat tinggi dengan bounce rate yang rendah alias pembaca betah berlama-lama menikmati suguhan artikel mereka.

Coba anda bayangkan, seorang pengunjung mencoba ‘mempraktekkan’ apa yang dibagikan dalam artikel tersebut dalam kehidupannya, kemudian merasa mendapat manfaat. Yang terjadi adalah pasti dia kembali ke website tersebut, menceritakan ke sahabat terdekatnya yang mungkin memiliki nasib yang sama untuk mendapat solusi. Terus dishare di facebook, di -tweet, dll karena memang sangat layak untuk dishare.

Meningkatkan Jumlah Subscriber

Bagi sebuah startup atau bisnis di internet, ukuran keberhasilan bisa dilihat dari jumlah subscriber emailnya. Dan inilah yang harus dilakukan dengan konsisten dengan membuat dan membagikan ebook gratis kepada pengunjung untuk data nama dan email mereka. Disinilah mereka membangun ‘tambang emas’ di bisnis online, yaitu database ribuan orang/prospek untuk berbagai produk berbayar mereka (buku, seminar, training, dll) . Strategi dalam membangun database dikenal dengan strategi LIST BUILDING. Tidak hanya bisa diaplikasikan pada email tapi strategi ini juga diterapkan pada web social media yaitu facebook fans, twitter follower, youtube subscriber

Komunitas Yang Hangat Bagaikan Keluarga

Komunitas yang sangat suportif dan saling menyemangati satu sama lain. Pengalaman berhasil dan gagal saling diceritakan dan semua anggota mencoba membantu memberikan masukan dan semangat berdasarkan pengalamannya masing-masing.

Komunitas juga terus membesar seiring bertambahnya jumlah alumni workshop dan seminar serta mulai diliputnya branddi media-media nasional. Para anggota komunitas yang sangat loyal juga tanpa diminta akan ‘mempromosikan’ kemana-mana. Inilah nilai tertinggi bagi sebuah brand, yaitu memiliki fansbase atau komunitas yang sangat loyal karena mereka sudah membuktikan dan terbantu.

 

Apa yang bisa kita lakukan sekarang ?

Mulailah Menulis Sekarang Juga !

Jika anda ingin membranding diri anda sebagai seorang expert, anda bisa mulai menulis dan membagikan apa saja pengalaman anda di sebuah website dengan topik yang spesifik. seperti tema bisnis online, wirausaha dan UKM. Tentukan tema yang spesifik, jangan gado-gado karena tidak mungkin satu expert menguasai semua bidang. Semakin spesifik tulisan anda semakin tinggi nilai artikel anda.

Jangan Memikirkan Uang Terlebih Dahulu

Konsisten dan fokus untuk membuat artikel-artikel berkualitas. Juga adakan beberapa seminar dan workshop gratis. Hal ini saya kira sebagai modal awal untuk mengumpulkan reputasi di dunia nyata, sehingga pengunjung juga percaya teori bukan abal-abal karena sudah ada yang pernah mencoba. Jadwalkan seminar dan workshop yang dulu diadakan sekitar 3 bulan sekali menjadi sebulan sekali. Tadinya cuma di Jakarta sekarang sudah buka cabang di Surabaya dan Jogja. Mentor baru pun direkrut dari para lulusan yang dianggap cukup kredibel. Sistem dikelola dengan cukup profesional dan harga trainingpun naik karena yang mengadakan adalah sebuah perusahaan yang tentunya harus mempertimbangkan sisi bisnis. Toh sisi sosial sudah dilakukan .

Sebuah website dibesarkan untuk memberikan manfaat bagi pengunjung terlebih dahulu sehingga rumus SHARING SHARING SHARING mereka terapkan hingga jumlah pengunjung dan subscriber melonjak, baru kemudian mereka mulai bahas sisi monetize-nya (mengoptimasi ramainya pengunjung untuk menghasilkan pendapatan)

Membuat Aneka Macam Jenis Konten Gratis

Anda bisa cari dimana-mana, mereka membagikan konten gratis berupa rekaman mp3, video preview, video cuplikan seminar yang bisa didownload gratis. Inilah salah satu yang membuat mereka cepat dikenal di internet. Karena konon konten gratisnya saja sudah sangat bermanfaat bagi pengunjung

Membesarkan Brand Sebagai Passion

Website yang sangat kredibel dan membangun reputasi sejak lama, bisa bertahan lebih dari 5 tahun, adalah karena mereka menekuni dunia yang memang menjadi hobi mereka. Jadi lelah, bosan, dan lain-lain bisa diatasi karena mereka memang hobi menulis, membagikan pengalamannya kepada para pengunjung.

Membuat Wadah Berkumpul atau Komunitas

Komunitas, sekarang ini sudah menjadi wadah yang wajib bagi setiap brand yang ingin mempertahankan fans atau subscribernya supaya tetap loyal. Jadi buatlah wadah berkumpul bagi subscriber anda sekarang juga, adakan pertemuan rutin untuk memupuk rasa keterikatan. Jika membangun komunitas ini dilakukan dengan konsisten, maka tak jarang usaha anda akan berbuah 5-10 tahun kedepan seperti Kaskus atau Ads.id

Semoga bisa bermanfaat dan bisa diambil pelajarannya. Silakan memberi komentar dan masukan atau sebarkan artikel ini ke teman anda jika anda suka. InsyaAllah

About Autor:
No Comments
Leave a Comment